Jenis Kimchi yang Populer Saat ini

Feb 06,2021
Jika berbicara tentang kuliner khas Korea pasti tidak akan lepas dari Kimchi. Kehadiran kimchi sebagai makanan atau lauk di Korea bukanlah hal yang asing lagi. Terbuat dari sayuran yang dibumbui bawang putih, bubuk cabai, jahe dan bahan lainnya, hampir setiap hari dimakan orang Korea. Kimchi merupakan makanan sehat yang banyak mengandung protein, serat, vitamin, kalsium, fosfor yang bermanfaat untuk tubuh.

Jika Anda ingat tentang kimchi, sayuran yang akan terpikir untuk membuat kimchi adalah sawi putih. Tapi nyatanya, tidak hanya sawi putih yang bisa dijadikan kimchi! Ada beberapa sayuran lain yang bisa dibuat menjadi kimchi. Apa saja?

Baek Kimchi (Kimchi Putih)
Sebenarnya hampir sama dengan jenis-jenis kimchi sebelumnya, karena sama-sama berbahan sawi putih. Yang membedakan kimchi jenis ini dengan kimchi mustard biasa adalah tidak menggunakan bubuk cabai. Tapi tenang saja, rasanya tidak akan hambar karena ditambah jujube, paprika merah, kacang pinus dan chestnut. Penyajian kimchi ini bisa segar setelah dibuat atau juga difermentasi terlebih dahulu. Jadi bagi anda yang tidak suka makan makanan pedas, mungkin anda bisa mencoba kimchi jenis ini.

Yangbaechu Kimchi (Darurat Kimchi)
Biasanya pembuatan kimchi membutuhkan waktu yang lama, namun berbeda dengan kimchi jenis ini! Waktu pembuatan kimchi hanya 30 menit! Cara pembuatannya mudah dan bahannya sama dengan membuat kimchi tongbaechu biasa, hanya bedanya menggunakan sayur kol atau kol. Bagi yang tidak suka makanan asam, Anda bisa mencoba kimchi ini, apalagi belum melalui tahap fermentasi. Wow, bisakah kamu mencobanya!

Kimchi Oisobagi (Kimchi Mentimun)
Kimchi jenis ini juga tidak melalui proses fermentasi, jadi aman juga untuk anda yang tidak suka makan makanan asam! Ketimun yang ada dibelah kemudian diisi dengan sayuran lain seperti wortel, daun bawang dan lobak, serta bumbu masak. Kimchi ini memiliki rasa yang segar dan renyah yang sangat cocok untuk disantap dengan sup daging sapi dan lobak. Kelihatannya enak ya!

Kkaennip Kimchi (Perila Kimchi)
Bagi anda yang belum tahu, daun Perilla ini termasuk jenis daun yang masih satu famili dengan daun mint. Kimchi ini juga harus melalui tahap fermentasi untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Penyajiannya pun semakin nikmat jika ditambah dengan taburan biji wijen. Hmm menarik ya!

Kimchi Dongchimi (Sup Kimchi Lobak)
Biasanya kimchi ini dibuat oleh masyarakat korea sebelum musim dingin. Dalam pembuatan kimchi ini anda harus melalui tahap fermentasi selama 2-3 hari agar rasa kuahnya segar dan sedikit asam.

Kimchi Gochu sobagi (Kimchi Cabai Hijau)
Bagi anda yang suka pedas, mungkin kimchi jenis ini bisa dicoba. Bayangkan bagaimana rasanya jika cabai hijau ditambahkan bumbu dan bahan pembuat kimchi rasnaya yang kental akan meledak! Biasanya setelah dibuat kimchi ini akan langsung disimpan di lemari es.

Buchu Kimchi (Kucai Kimchi)
Mungkin di antara anda masih bingung dengan sayur kucai. Kucai ini merupakan sayuran yang mirip dengan daun bawang tetapi lebih panjang dan lebih kecil. Di Indonesia kucai ini juga biasa disebut dengan bawang batak. Bagian sayuran yang dimanfaatkan adalah daun dan batangnya.

Kkakdugi Kimchi (Kimchi Lobak Dadu)
Jenis-jenis kimchi ini juga populer! Seperti namanya, sayuran yang digunakan dalam kimchi ini adalah lobak. Lobak, potong dadu dan tambahan bahan kimchi. Kimchi jenis ini bisa langsung dimakan segar setelah dibuat atau dimakan setelah proses fermentasi!

Wow .. ada banyak jenis kimchi! Jenis kimchi apa yang telah dicoba oleh anda? Apapun nama, jenis dan sayurnya, Kimchi memiliki kandungan yang menyehatkan! Jadi, jangan lupa untuk mencoba semua jenis kimchi! Lalu, bandingkan dan pilih favorit anda!